• Pengertian E – Commerce

E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

  • Empat tipe aplikasi e – commerce

I-Market

Internet Market (I-Market) didefinisikan sebagai suatu tempat atau arena di dunia maya dimana calon pembeli dan penjual saling bertemu untuk melakukan transaksi secara  elektronis melalui medium internet. Dari definisi tersebut  terlihat bahwa tipe bisnis yang terjadi adalah B-to-C

Customer Care

suatu usaha dari perusahaan untuk menjalin hubungan interaktif dengan pelanggan yang telah di milikinya sebagian besar aplikasi yang dipergunakan bersifat B-to-C.

Vendors Managemen

Perusahaan melakukan proses pemesanan, pengadaan, dan pembeliaan bahan-bahan yang dibutuhkan dari berbagai pemasok dan vendor melalui internet, dan para rekanan ini akan mengirimkannya kepada perusahaan sesuai dengan kebutuhan. Tipe B-to-B merupakan platform transaksi yang diterapkan dalam tipe E-Commerce ini.

Extended Supply Chain
Melakukan optimasi Supply Chain perusahaan dengan cara menjalin hubungan dengan seluruh rekanan atau pihak-pihak lain yang terlibat langsung dalam proses penciptaan produk atau jasa melalui jalur elektronis semacam internet. Jelas terlihat bahwa seperti halnya tipe E-Commerce Vendor Management, prinsip B-to-B merupakan platform yang diterapkan dalam pengembangan E-Commerce terkait.

  • APLIKASI E-Commerce

CubeCart

Aplikasi untuk membuat toko online ini memiliki dua versi aplikasi, yaitu CubeCart 3 dan Cubecart 4. CubeCart versi 4 dapat dimiliki dengan membelinya, sedangkan versi 3-nya memiliki versi gratis yang dapat diunduh dari link “Download” di situs resminya. Meski gratis, aplikasi ini mencantumkan copyright title dalam tampilannya (di page footer dan browser title). Untuk menghilangkannya, Anda dapat membeli copyright removal key untuk menghilangkan copyright title bawaan tersebut. Tampilan versi 3 memang lebih sederhana ketimbang yang versi 4, namun versi ini sudah memadai untuk membangun online shop karena dilengkapi product gallery (dalam jendela  pop-up), pencarian produk, sekuriti, aneka modul pembayaran, hingga modul pengiriman produk. Hanya saja, fasilitas website themes yang  disediakan tak beragam. Untuk dapat menggunakannya, hosting web yang Anda langgani wajib bersistem operasi  linux/Unix atau Windows; PHP versi 4.3.0 ke atas dan MySQL versi 3.2.3 ke atas, dan GD Image Library 1.6 ke atas. Ukuran file aplikasinya cukup ringan. CubeCart versi 3.0.19 lanya berkapasitas 2,16 MB saja.

Untuk lebih detailnya silakan mengunjungi alamat berikut : http://www.cubecart.com

Drupa

Drupal merupakan salah satu aplikasi CMS yang populer untuk membangun website selain Joomla atau WordPress. Aplikasi ini memiliki banyak kontributor, pengembang yang membuat modul-modul tambahan untuk menambah fitur dari CMS ini, termasuk modul untuk online shopping. Drupal sudah kompatibel dengan banyak layanan web hosting. Bahkan ada yang sudah menyediakannya langsung di layanan untuk digunakan. Namun untuk menjadikannya sebagai online store, Anda wajib menambahkan modul shopping cart bernama UberCart. CMS dan modul tersebut gratis dan padat fitur. Untuk modulnya sendiri, tersedia banyak feature toko online, seperti katalog produk, sistem belanja yang mudah dimodifikasi, hingga sistem pembayaran yang terintegrasi dan mendukung banyak sistem pembayaran online populer seperti Cyber Source, Authorize.net, PayPal, dan sebagainya. Modul UberCart ini menyediakan sistem pemesanan produk yang simpel sehingga memudahkan para pembeli. Selain itu disediakan pula fasilitas activity logging yang memungkinkan Anda memantau setiap aktivitas belanja konsumen dan perubahan pada pemesanan produk, termasuk proses pembayaran.

Untuk lebih detail silakan kunjungi di alamat berikut : http://drupal.org/

OpenFreeway

Gratisan yang satu ini pun cukup lengkap. Meskipun tampilan situs web yang dikreasikannya sederhana, sistem toko online yang diberikan terbilang beragam. Lihat saja sistem pembayaran yang tersedia dalam template, yang meliputi sistem pembayaran onlinedan offline, sehingga menyediakan banyak pilihan pembayaran untuk diterapkan. Menggunakan basis Zend Framework, fasilitas standar yang Anda terima dari OpenFreeway bejibun. Contohnya adalah sistem pemesanan, pembayaran, dan pengiriman yang fleksibel, dukungan multilingual, hingga search engine optimisation agar situs web Anda mudah terdeteksi search engine. Fasilitas untuk promosi produk seperti pemberlakukan diskon dan gratis biaya pengiriman, juga tersedia. Galeri produknya tak hanya dapat menampilkan gambar produk dan sekadar keterangan mengenainya saja, namun juga Anda berikan review produk, dan juga e-mail reminder kepada pelanggan jika ada produk baru.

OpenFreeway juga menyediakan fasilitas inventory atau pencatatan stok produk, dan berlaku otomatis ketika ada produk yang berkurang ketika dibeli konsumen. Dalam“Advanced Features”, Anda mendapatkan banyak fasilitas tambahan yang mendukung gelaran promosi produk.

Untuk lebih detail silakan kunjungi situs berikut : www.openfreeway.org

Joomla

CMS pembuat website gratisan lain yang bisa Anda gunakan adalah Joomla. Pada dasarnya, aplikasi CMS ini diperuntukkan untuk pembuatan situs komunitas. Namun CMS ini bisa diandalkan sebagai online store dengan tambahan plugin Virtue Mart yang dapat diperoleh secara gratis pula di www.virtuemart.net. CMS beserta plugin ini pun cukup mudah dikontrol dan dikelola, dengan panduan tutorial yang tersedia di situs pembuatnya. Plugin e-commerce ini dilengkapi sistem sekuriti Secure Sockets Layer (https) Encryption (128-bit) sehingga memberi kenyamanan kepada konsumen dalam bertransaksi dengan mengguna kartu kredit atau sistem pembayaran online seperti PayPal, 2Checkout, eWay, Worldpay, PayMate dan NoChex. Bagi Anda sebagai pemilik toko, plugin ini memudahkan Anda memantau pemesanan dan juga sejarah pembelian produk yang terjadi di toko Anda. Fasilitas pengubah mata uang dan e-mail konfirmasi pemasanan yang dapat dimodifikasi juga siap dimanfaatkan. Administrasi web gampang dikelola karena plugin VirtueMart ini berbasis Java. Selain itu tersedia pula dala sejumlah bahasa, termasuk Indonesia, Tampilan website took online gampang diutak-atik, Karena joomla menyediakan banyak pilihan tema (baik gratis maupun berbayar). VirtueMart ini juga bisa dipakai menggunakan CMS Mambo (www.mamboserver .com) yang juga gratis.

Untuk lebih detail bisa dilihat pada situs berikut : www.joomla.org/

Magento

Aplikasi ini sepertinya paling populer sekarang ini. Seperti FreeWay, Magento menggunakan Zend Framework sebagai dasar aplikasi. Karena itu, aplikasi ini lebih mudah dipelajari dan lebih mudah dikembangkan. Selain kemudahan, kelebihan Magento adalah tampilannya yang terlihat apik dan sangat profesional, bahkan termasuk versi yang gratisnya (Magento Community). Begitu pula dengan fasilitas toko online-nya yang terhitung memadai, mulai dari fasilitas katalog, promosi, optimalisasi search engine, hinggamobile commerce. Untuk sistem pembayaran, secara default telah terintegrasi dengan layanan Google Checkout (Level 2), namun dapat ditambahkan sejumlah extensions baru untuk memperbanyak variasi pembayaran. Pencarian produk akan menyenangkan konsumen, karena selain bertampilan apik, produk bisa diperbesar dengan fasilitas zoom-in. Tersedia pula fasilitas multiple images per product.Ukuran aplikasi yang besar merupakan nilai minus dari Magento. Persyaratan untuk web hosting untuk menjalankan aplikasi web ini meliputi sistem operasi Linux x86, x86-64; web server Apache 1.3, 2.0, dan 2.2; PHP 5.2.0 ke atas; MySQL 4.1.2.0 atau yang terbaru; dan SSL validasi.

Untuk lebih detail bisa diklik disini http://www.magentocommerce.com/

osCommerce

Banyak situs web belanja online yang menggunakan aplikasi ini. Banyak sekali theme dantemplate baik yang gratis maupun berbayar yang dapat digunakan untuk memercantik tampilan. Selain itu modul-modul tambahan banyak sekali dijumpai. Ukuran aplikasi yang tidak terlalu besar membuatnya banyak disukai. Aplikasi open source ini memang terhitung standar dari segi tampilan default-nya, namun Anda dapat mengganti tampilan dengantemplate buatan pengguna lain. Ya, dukungan komunitas untuk aplikasi ini memang kuat. Begitu pun soal modulnya yang banyak dikembangkan oleh komunitasnya.

Secara default, fasilitas yang tersedia sudah mencukupi untuk membangun toko online,mulai pembuatan shopping cart, kategorisasi produk, fasilitas kontak konsumen via e-mailatau newsletter, pencetakan invoices, hingga pengaturan pemesanan dan pembayaran. Sistem pembayaran didukung 2Checkout, PayPal, iPayment, dan masih banyak lagi dengan menambahkan add-ons sistem pembayaran. Pembayaran offline dengan cek dan transfer uang pun diterimanya.

Aplikasi yang telah menyediakan fasilitas pengaman SSI ini juga menyediakan fasilitas statistik penjualan, konversi mata uang, serta fasilitas untuk mem-backup dan restore database jika suatu waktu terjadi error di website. Fasilitas masih kurang? Tinggal tambahkan lagi modul dari http://addons.oscommerce.com.

www.oscommerce.com

Prestashop

Aplikasi shopping cart ini terhitung baru, namun mempunyai fitur yang cukup menjanjikan. Tampilan website toko online-nya pun cukup apik dan luwes sehingga membuat konsumen tetap nyaman berbelanja. Tampilan awalnya dapat diawali dengan feature product sehingga Anda dapat menonjolkan sejumlah produk andalan di front page. Katalog yang dibentuknya juga apik, diserta fasilitas zoom-in untuk memperbesar gambar produk. Sistem pembayaran yang disediakan tak terbatas, sehingga memudahkan pembeli untuk berbelanja dengan cara apapun, online maupun offline. Dalam mengesetnya, Anda juga diberi kemudahan. Anda dapat membuat kategori dan subkategori produk dagangan sebanyak mungkin. Ada fasilitas pengolah kata WYSIWYG.

Anda dapat bebas memodifikasi sistem e-commerce di toko Anda, mulai menentukan sebanyak mungkin mata uang, setelan pajak, metode pengiriman, dan tujuan pengiriman yang diberlakukan. Feature manajemen inventori (stok produk) juga tersedia, plus fasilitas informasi baru via SMS untuk pelanggan. Penerapan barcode untuk produk juga dapat dilakukan.

Memantau statistik dan hasil penjualan mudah dilakukan karena ada sistem pelaporan (report) secara otomatis, memantau berapa banyak pengunjung yang sedang online juga ada fasilitasnya. Pengunjung situs juga dapat nyaman berbelanja dengan beragam sistem pembayaran karena situs web yang Anda buat akan dilengkapi dengan SSL (Secure Sockets Layer) encryption.

Untuk lebih detail bisa kunjungi situsnya di www.prestashop.com

WordPress

WordPress merupakan aplikasi untuk weblog yang sangat populer. Dengan sifatnya yang mudah dikustomisasi dan memungkinkan untuk penambahan plugin, WordPress dapat digunakan sebagai shopping cart. Salah satu plugin yang dapat digunakan adalah WP e-Commerce.

Selain itu, ada pula plugin Yak WordPress Cart, Quick Shop, osCommerce, atau YAK for WordPress. Semua plugin tersedia di halaman unduh plugin http://wordpress.org/extend/plugins. WP e-Commerce menyediakan kelebihan dalam sistem pembayaran dan kemudahan pengelolaannya yang ringkas. Bahkan, aplikasi ini dapat terkoneksi dengan layanan Facebook. Tampilan katalog belanjanya memang sederhana, namun dukungan sistem pembayarannya cukup komplet, mulai Google Checkout, Paypal, Authorize.net, Payment Express, dan masih banyak lagi. Modul WP e-Commerce terintegrasi dengan WordPress Update System, sehingga ketika produk baru dimasukkan, informasi tersebut akan disiarkan ke penjuru jagat maya. Jangan takut akan repot mengelolanya, karena panduan WordPress lengkap tersedia di http://codex.wordpress.org/Main_ Page. Yang popular digunakan adalah adalah WP e-Commerce (www. instinct.co.nz/e-commerce) karena pengelolaan yang mudah serta tampilan yang bagus, pun gratis. Anda bisa menggunakan plugin ini dengan tutorial yang ada di www.instinct.co.nz/e-commerce/docs.

ZenCart

Banyak sekali theme atau template yang disediakan aplikasi ini di situs web resminya untuk dapat Anda gunakan untuk mempercantik tampilan. ZenCart juga termasuk dalam salah satu aplikasi yang didukung dalam kemudahan instalasi oleh Fantastico Auto Installer yang tersedia di layanan web hosting.

Instalasinya gampang, mendukung multiple customer modes dan multiple sales and discounts, hingga dukungan sistem template web XHTML yang memudahkan Anda menggonta-ganti tampilan. Anda juga mendapatkan banyak pilihan modul untuk ditambahkan situs web, menyesuaikan dengan kebutuhan toko online.

Pengelolaan banner, halaman toko online, pengiriman, pembayaran, semuanya tak terbatas dan ringkas. Sebagai tambahan layanan, Anda juga dapat menerapkan newsletter, penerapan kupon diskon, sertifikat hadiah, diskon berdasarkan kuantitas pembelian, dan sebagainya, dengan fasilitas yang tersedia.

Tak perlu bingung menggunakannya, karena informasi yang tersedia di situs webnya lumayan lengkap, terlebih didukung forum komunitas sesama pengguna. Aplikasi ini pun tak banyak memberi persyaratan untuk web hosting yang dapat digunakan. Sejumlah rekomendasi layanan web hosting juga diberikan untuk memudahkan penggunannya.

Sumber http://situsdownload.com/contoh-contoh/contoh-e-commerce.html

http://ruangsoftware.com/2011/04/09/9-aplikasi-e-commerce-yang-perlu-anda-ketahui-untuk-membangun-toko-online/