Ilmu Budaya Dasar

adalah yang mempelajari tentang pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep dan nilai-nilai yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan dapat di artikan Ilmu budaya dasar adalah ilmu yang tanpa kita sadari telah sangat melekat dalam kehidupan kita, baik secara individual, dalam keluarga, maupun dalam masyarakat luas. istilah Ilmu budaya dasar (IBD) dalam istilah yang di kembangkan di indonesia adalah Basic Humanities kalau di dalam bahaa inggris adalah “The Humanities” dan dalam bahasa latin bisa di sebut humanus yang berarti manusia,berbudaya dan halus.Mempelajari tentang “The Humanities” diadaikan pasti manusia akan manusiawi , lebih berbudaya dan lebih halus.

Ruang lingkup ilmu budaya dasar

Bertitik tolak dari kerangka tujuan yang telah ditetapkan, ada masalah pokok yang di pertimbangkan dalam ruang lingkup ilmu budaya dasar. Ada beberapa yang dimiliki ruang lingkup,Berbagai aspek dalam sebuah kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan sebuah masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
Masyarakat dan budaya

Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Kata “masyarakat” sendiri berakar dari kata dalam bahasa Arab, musyarak. Lebih abstraknya, sebuah masyarakat adalah suatu jaringan hubungan-hubungan antar entitas-entitas. Masyarakat adalah sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.

Budaya

Budaya atau kebudayaan yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani.