HUBUNGAN ANTAR MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Hubungan Manusia dan kebudayaan adalah satu hal yang sangat erat kaitannya.manusia sebagai perilaku dan kebudayaan merupakan suatu objek yang dilakukan manusia. Manusia di dunia ini memegang peranan penting dari banyak segi , manusia hidup beradaptasi dengan lingkungan yang memiliki kebudayaan yang berbeda- beda . kebudayaan itu sendiri secara umum adalah segala usaha manusia untuk dapat melangsungkan dan mempertahankan hidup di dalam lingkungannya. Sistem nilai dan gagasan utama sebagai hakikat dari sebuah kebudayaan terwujud di dalam tiga sistem yaitu : sistem ideologi, sistem sosial, dan juga sistem tekhnologi. Kebudayaan setiap manusia terdiri dari unsur – unsur besar dan juga unsur – unsur kecil itu semua merupakan bagian dari suatu kebulatan yang bersifat sebagai kesatuan.

HUBUNGAN ANTAR MANUSIA DAN CINTA KASIH

Cinta antar relasi manusia merupakan sebuah peranan penting dalam kehidupan manusia karena Cinta adalah sebuah ungkapan rasa sayang dan simpati kita kepada seseorang.Rasa cinta yang kita berikan menunjukkan bahwasanya kita sangat menyukainya dan ingin bersamanya. Kecemburuan sering terjadi jika seseorang yang kita cintai bersama oranglain. Cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.

HUBUNGAN ANTAR MANUSIA DAN PENDERITAAN

Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa Sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat berbentuk lahir atau batin, yang termasuk penderitaan diantara lain adalah keluh kesah, kesengsaraan, kelaparan, kekenyangan, kepanasan, dan lain-lain yang menurut diri kita adalah suatu perasaan yang menyusahkan diri kita. Di dalam Al Qur’an maupun kitab suci agama lain jug telah banyak menguraikan mengenai penderitaan manusia sebagai suatu peringatan bagi manusia bahwa derita itu dapat terjadi sebagai sebuah cobaan bagi umat beriman dan azab bagi umat yang lalim.

HUBUNGAN ANTAR MANUSIA DAN KEINDAHAN

Keterkaitan antara manusia dengan keindahan sangatlah berhubungan dengan tuhan karena pada dasarnya keindahan itu sendiri alamiah manusia hanyalah penikmat dari keindahan tersebut. Manusia dapat mengungkapkan keindahan tersebut di dalam karya seni yang didasari oleh tujuan tertentu. Penghayatan atau ekspresi dari seorang seniman dapat menghasilkan suatu karya keindahan yang juga dapat menghasilkan keuntungan untuknya. Keindahan itu pada dasarnya merupakan sejumlah kualitas tertentu yang terdapat dari suatu hal,kualita yang paling sering disebut biasanya adalah kesatuan, keselarasan, keseimbangan dan keterbalikan. Salah satu masalah pokok dari keindahan adalah mengenai sifat dasar dari keindahan.keindahan merupakan sesuatu yang ada pada benda yang indah atau hanya terdapat dalam pikiran orang yang mengamatinya saja.

HUBUNGAN ANTAR MANUSIA DAN KEADILAN

Keadilan adalah suatu perlakuan dan pengakuan yang seimbang antara hak dan kewajiban dan terletak pada keharmonisan dari kita “manusia” yang memiliki itu “hak dan kewajiban”, dimana hak yang dituntut haruslah seimbang dengan kewajiban yang telah dilakukan sehingga terjalin harmonisasi dalam perwujudan keadilan itu sendiri. Keadilan pada dasarnya merupakan sebuah kebutuhan mutlak bagi setiap manusia dibumi ini dan tidak akan mungkin dapat dipisahkan dari kehidupan. Keadilan itu sendiri memiliki sifat yang bersebrangan dengan dusta atau kecurangan. Dimana kecurangan sangat identik dengan perbuatan yang tidak baik dan tidak jujur. Atau dengan kata lain apa yang dikatakan tidak sama dengan apa yang dilakukan yang dalam agama islam merupakan ciri dari manusia yang munafik.

HUBUNGAN ANTAR MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

Dua kekayaan manusia yang paling utama ialah “Akal dan Budi” atau lazimnya disebut pikiran dan perasaan. Disatu sisi akal dan budi atau pikiran dan perasaan tersebut telah memungkinkan munculnya tuntutan-tuntutan hidup manusia yang lebih daripada tuntutan hidup makhluk lain. Disisi lain akal dan budi memungkinkan munculnya karya-karya manusia yang sampai kapanpun tidak pernah akan dapat dihasilkan oleh makhluk lain. Cipta, karsa, dan rasa pada manusia yakni sebagai buah akal budinya terus melaju tanpa hentinya berusaha menciptakan benda-benda baru untuk memenuhi kebutuhan / hajat hidupnya. Baik yang bersifat jasmani maupun rohani. Dari proses ini maka lahirlah apa yang disebut kebudayaan dan pandangan terhadap hidup. Jadi pada hakikatnya, kebudayaan dan pandangan terhadap hidup ini tidak lain adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh akal budi manusia. Pandangan Hidup merupakan suatu dasar atau landasan untuk membimbing kehidupan jasmani dan rohani. Pandangan hidup ini sangat bermanfaat bagi kehidupan individu, masyarakat, atau negara. Semua perbuatan, tingkah laku dan aturan serta undang-undang harus merupakan pancaran dari pandangan hidup yang telah dirumuskan.Pandangan hidup sering disebut filsafat hidup. Filsafat berarti cinta akan kebenaran, sedangkan kebenaran dapat dicapai oleh siapa saja. Hal inilah yang mengakibatkan pandangan hidup itu perlu dimiliki oleh semua orang dan semua golongan.

HUBUNGAN ANTAR MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

Hubungan antara manusia dan tanggungjawab adalah manusia sebagai makhluk yang memiliki nilai serta hargadiri sehingga dituntut untuk dapat menanggung resiko atas segala perbuatan dan akibatnya.Tanggung jawab menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.

HUBUNGAN ANTAR MANUSIA DAN KEGELISAHAN

Kegelisahan berasal dari kata gelisah , yang berarti tidak tentram hatinya , selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidak sabar, cemas. Tidak lain dari semua itu adalah reaksi natural psikologis dan phisiologis akibat ketegangan saraf dan kondisi-kondisi kritis atau tidak menyenangkan. Pada masing-masing orang terdapat reaksi yang berbeda dengan yang lain, tergantung faktor-faktornya, dan itu wajar. Adapun bahwa manusia selalu merasa gelisah hingga membuatnya mengeluarkan keringat dingin, jantungnya berdetak sangat kencang, tekanan darahnya naik pada kondisi apa pun.Kegelisahan merupakan salah satu ekspresi dari kecemasan karena itu dalam kehidupan sehari hari, kegelisahan juga diartikan sebagai kecemasan kekhawatiran ataupun ketakutan .

HUBUNGAN ANTAR MANUSIA DAN HARAPAN

Harapan berasal dari kata harap yaitu keinginan supaya sesuatu terjadi atau sesuatu terjadi atau suatu yang belum terwujud. Kata orang manusia tanpa harapan adalah manusia yang mati sebelum waktu-nya. Bisa jadi, karena harapan adalah sesuatu yang hendak kita raih dan terpampang dimuka. Hampir sama dengan visi walau dalam spektrum sederhana, harapan merupakan cip-taan yang kita buat sebagai sesuatu yang hendak kita raih. Jadi hidup tanpa harapan adalah hidup tanpa visi dan tujuan. Maka bila manusia yang hidup tanpa harapan pada hakekatnya dia sudah mati. Harapan bukanlah sesuatu yang terucap dimulut saja tetapi juga berangkat dari usaha. Dia adalah ke-cenderungan batin untuk membuat sebuah rencana aksi, peristiwa, atau sesuatu menjadi lebih bagus. Sederhananya, harapan membuat kita berpikir untuk melakukan sesuatu yang lebih baik untuk meraih sesuatu yang lebih baik. Harapan dan rasa optimis juga memberikan kita kekuatan untuk melawan setiap hambatan. Seolah kita selalu mendapatkan jalam keluar untuk setiap masalah. Seolah kita punya kekuatan yang lebih untuk siap menghadapi resiko. Ini kita sebut sebagai perlawanan. Orang yang hidup tanpa optimisme dan cenderung pasrah pada realita maka dia cenderung untuk bersikap pasif, Oleh karena itu dalam makalah ini kita dapat mengetahui lebih dalam tentang manusia dan harapan