• Pengertian kesehatan mental

Kesehatan mental adalah pengetahuan dan perbuatan yang bertujuan untuk mengembamgkam dan memanfaatkan segala potensi, bakat dan pemawaan yada ada pada semaksimal mungkin, sehingga membawa kita kepada kebahagiaan diri dan orang lain serta dari gangguan – gangguan dan juga penyakit jiwa.

  • Definisi kesehatan mental

Menurut Zakiyah Daradjat (1975) mengemukakan perbedaaan bahwa antara gangguan jiwa ( neurose) dengan penyakit jiwa (psikose), yaitu :

1. Terhindarnya orang dari gejala – gejala gangguan jiwa (neurose) dan dari gejala – gejala penyakit jiwa(psychose).

2.  Pengetahuan dan perbuatan yang bertujuan untuk mengembangkan dan memanfaatkan segala potensi, bakat dan pembawaan yang ada semaksimal mungkin, sehingga membawa kepada kebahagian diri dan orang lain serta terhindar dari gangguan – gangguan dan penyakit jiwa.

Dengan pengertian di atas, kesehatan mental menurut saya adalah bahwa gejala- gejala gangguan mental atau jiwa mampu menyesuaikan diri dan diri sendiri, dengan orang lain maupun dengan masayarakat dimana seseorang itu berada dan bisa mengembangkan dan memanfaatkan segala potensi, bakat dan pembawaan yang ada semaksimal mungkin untuk mewujudkan suatu keharmonisan yang sungguh – sungguh antara fungsi – fungsi jiwa.